BAB XII KESIMPULAN

     Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar sangat bagus untuk diberikan dan diterapkan pada masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswa karena mahasiswa dapat diberikan pemahaman mengenai cara manusia saling berinteraksi dan berorganisasi dengan baik, menyelesaikan problem yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan memberikan pengetahuan lebih mengenai kepribadian untuk bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat. Karena pada saat ini telah terjadi perkembangan penduduk yang juga mengiringi perkembangan kebudayaan di Indonesia. Adanya pencampuran kebuadayaan ini, masyarakat zaman sekarang harus pandai-pandai dalam memilih dalam menerima kebudayaan yang masuk tersebut. Sebelum menerima kebudayaan tersebut, ada baiknya masing-masing individu memikirkan dampak yang akan terjadi pada dirinya, apakah dampak positif ataukah dampak negatif yang akan dia dapat karena proses pembentukan individu dengan baik, maka akan terbentuk keluarga dan masyarakat yang baik pula. Oleh karena itu masyarakat harus mengenyam pendidikan baik non-formal maupun formal untuk mengatasi masalah-masalah sosial yang berhubungan dengan pendidikan seorang masyarakat itu sendiri.


    Saat ini, pemerintah telah berusaha membantu masyarakat agar dapat mengenyam pendidikan hingga jenjang SMA. Dengan adanya program wajib belajar 12 tahun yang baru digerakkan pada tahun 2013 ini, pemerintah berharap agar Indonesia dapat menciptakan generasi penerus yang produktif. Pemerintah juga telah memberikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di beberapa sekolah daerah-daerah. Hal ini dilakukan agar dapat membantu sekolah dalam membeli fasilitas sekolah yang digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar. Selain itu, di daerah khusus ibu kota Jakarta, pemerintah setempat telah membuat kartu pintar untuk membantu siswa yang kurang mampu untuk tetap sekolah.
      Selain untuk mengatasi masalah pendidikan, untuk mengatasi konflik-konflik yang terjadi dalam masyarakat juga pemerintah dapat menyiasati dengan membentuk jaringan bagi kelompok suku agar antar kelompok dapat saling berkomunikasi, bertukar informasi, dan saling menerima saran dari kelompok lain. Adanya komunikasi ini juga dapat bermanfaat agar tidak terjadi prasangka diskriminasi. Selain itu dengan cara mengadakan ruang publik dimana orang-orang yang berbeda agama dapat bertemu, dapat memberi manfaat seperti mempererat persahabatan dengan saling mengenal lebih jauh antar agama, serta menumbuhkan kembali kesadaran bahwa setiap agama membawa misi kedamaian.

Nama    : Erita Kuswandari
Kelas     : 1ALH 13 (1KA08)
NPM      : 1A113732

Erita

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: