MENGENAL TELEMATIKA

PENGERTIAN TELEMATIKA

     Menurut Wikipedia, Telematika merupakan singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Dalam buku yang berjudul “USING INFORMATION TECHNOLOGY : Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi” yang ditulis oleh Williams dan Sawyer menyebutkan bahwa Teknologi Telekomunikasi merupakan teknologi yang terdiri dari sistem dan peralatan elektromagnetik yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh. Dan pengertian Informatika adalah teknologi yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan atau menyebarkan informasi. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian telematika adalah teknologi yang dapat membantu manusia untuk mempermudah dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan atau menyebarkan informasi dari jarak yang jauh.

PERKEMBANGAN TELEMATIKA

     Bila dilihat dari mulai munculnya alat komunikasi pertama yaitu Koran pada tahun 1562, teknologi untuk berkomunikasi hingga saat telah mengalami perkembangan yang sangat pesat.  Semenjak munculnya telepon pada tahun 1876, manusia dapat melakukan komunikasi dua arah dengan jarak yang jauh. Tidak hanya sampai telepon saja, para peneliti masih melakukan pengembangan teknologi komunikasi untuk memudahkan manusia melakukan komunikasi jarak jauh. 

Telepon pertama pada tahun 1876 

       Perkembangan telematika tidak luput dari perkembangan akses jaringan yang disediakan vendor-vendor yang menyediakan layanan telekomunikasi. Dengan adanya modem (modulator demodulator) yang dapat mengubah sinyal analog menjadi digital, saat ini pengaksesan jaringan dapat dilakukan dengan mudah. Manusia dapat berkomunikasi dimana saja dan kapan saja dengan jaringan wireless. Selain itu, saat ini juga sudah banyak terpasang access point di tempat-tempat umum yang dapat memudahkan kita dalam mengakses jaringan.
   Jaringan yang telah disediakan oleh vendor-vendor tersebut disertai dengan perkembangan hardware dan software yang mendukung agar manusia dapat menikmati akses jaringan tersebut. Dari segi hardware dapat kita lihat beragamnya alat komunikasi dari yang low end hingga high end. Sedangkan dari segi software dapat kita lihat juga beragamnya aplikasi yang ditawarkan para vendor untuk memudahkan manusia dalam berkomunikasi. Sebagai contoh yang digemari oleh para remaja saat ini adalah aplikasi social media seperti Facebook, Twitter, Path, dan sebagainya. Dengan adanya aplikasi social media tersebut, manusia dapat melakukan komunikasi jarak jauh baik dengan orang yang sudah dikenal maupun yang belum dikenal. Selain itu, perkembangan telematika juga banyak dimanfaatkan untuk bidang pemerintahan, perekonomian, dan pendidikan. Contoh yang dilihat saat ini adalah tersedianya e-Government, e-Commerce, e-Learning, e-Library, dan sebagainya.


Virtual Class merupakan salah satu pemanfaatan perkembangan telematika



Teleworking merupakan salah satu contoh pemanfaatan telematika

TREND TELEMATIKA KE DEPANNYA

     Seiring berkembanganya telematika, hardware dan software untuk mendukung telematika pun akan semakin berkembang. Hardware dengan spesifikasi berskala di atas terabyte, penggunaan multicore processor, penggunaan memory dengan multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk akan bermunculan. Selain itu, jaringan sudah mulai didukung dengan akses wireline dengan bandwidth yang besarnya mungkin bias lebih dari terabyte karena kebutuhan manusia akan pengaksesan data melalui jaringan yang meningkat. Selain itu, software-software yang menampilkan antarmuka yang terbaik dan lebih bersahabat dengan kecepatan akses yang semakin tinggi pun bermunculan.


Teknologi komunikasi masa depan

    Kemajuan ini pun akan lebih dimanfaatkan oleh manusia untuk mengerjakan apapun secara praktis. Contohnya seperti berkembangannya fasilitas untuk Telecommuting (bekerja di rumah dan tetap berkomunikasi dengan kantor) dan Telework (bekerja dimana saja). Manusia dapat mengerjakan pekerjaannya tanpa harus datang ke tempat kerja. Terdapat kemungkinan ke depannya pekerjaan kasar manusia akan dikerjakan oleh robot dan manusia hanya menengendalikan. Dengan kemudahan tersebut diharapkan manusia dapat dengan bijak menggunakannya dan akan terus mengembangkan teknologi sehingga akan ada harapan-harapan baru tentang masa depan yang lebih baik lagi. (erita)




Sumber Bacaan :



Williams BK, Sawyer SC. 2007. Using Information Technology: Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi, Ed ke-7. Nur Wijayaning Rahayu dan Th. Arie Prabawati, penerjemah; Yogyakarta: Andi. Terjemahan dari: Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers & Communications.



Erita

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: