TEKNOLOGI ANTARMUKA DALAM TELEMATIKA

HEAD UP DISPLAY

 Head Up Display (HUD) adalah sebuah tampilan yang transparan menyajikan data tanpa memerlukan pengguna untuk melihat diri dari sudut pandang atau yang biasa. Asal usul nama berasal dari pengguna bisa melihat informasi dengan kepala “naik” (terangkat) dan melihat ke depan, bukan memandang miring ke instrumen yang lebih rendah. HUD terbagi menjadi 4 generasi yang mencerminkan teknologi yang digunakan untuk menghasilkan gambar, yaitu :
1.  Generasi Pertama
CRT (Cathode Ray Tube) adalah media tampilan yang menampilkan image di layar fosfor.
2.  Generasi Kedua
Liquid Crystal Display (LCD) adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama.
3.  Generasi Ketiga
Menggunakan sistem gelombang optik untuk memproduksi image secara langsung di dalam kombinator dan sistem ini lebih baik daripada sistem proyeksi.
4.  Generasi Keempat
Menggunakan scanning sinar laser untuk menampilkan image dan bahkan tampilan video kedalam media transparansi tembus cahaya.
Contoh penggunaan HUD biasanya digunakan pada penerbangan-penerbangan militer, seperti pada pesawat siluman milik TNI Angkatan Udara. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraan bermotor dan aplikasi lainnya. Salah satu contoh penggunaan teknologi HUD yaitu pada mobil BMW E60.

BMW - Heads Up Display
  

TANGIBLE USER INTERFACE

Tangible User Interface (TUI) adalah sebuah antarmuka pengguna dimana seseorang berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Sebelumnya TUI adalah Graspable User Interface yang tidak lagi digunakan. Salah satu pionir dalam user interface yang nyata adalah Hiroshi Ishii, seorang profesor di MIT Media Laboratory yang memiliki visi Bits Tangible. Bits Tangible yaitu memberikan bentuk fisik ke informasi digital. Contoh penggunaan alat yang menggunakan teknologi TUI yaitu : Mouse, Siftables, Reactable, Microsoft Surface, Marble Answering Machine, Sistem Topobo.


Microsoft Surface Demo 



COMPUTER VISION

Computer Vision sering didefinisikan sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana komputer dapat mengenali obyek yang diamati/ diobservasi. Cabang ilmu ini bersama Artificial Intelligence akan dapat menghasilkan sistem intelijen visual (Visual Intelligence System). Selain itu definisi lain adalah Computer Vision merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video, pandangan dari beberapa kamera, data multi dimensi yang didapat dari hasil pemindaian medis.
Contoh penggunaan Computer Vision yaitu :
·      Pengendalian proses (misalnya, sebuah robot industri atau kendaraan otonom).
·      Mendeteksi peristiwa (misalnya, untuk pengawasan visual atau orang menghitung).
·      Mengorganisir informasi (misalnya, untuk pengindeksan database foto dan gambar
urutan).
·      Modeling benda atau lingkungan (misalnya, inspeksi industri, analisis citra medis
atau model topografi).
·      Interaksi (misalnya, sebagai input ke perangkat untuk interaksi komputer-manusia).


BROWSING AUDIO DATA

Browsing Audio Data merupakan metode menjelajahi jaringan yang digunakan untuk menjelajahi video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Metode ini menggunakan sebuah komputer lokal digabungkan ke LAN (Local Area Network) untuk mendeteksi IP kamera.  Contoh penggunaan  metode ini yang paling dikenal adalah produk kamera IP. Kamera IP dapat menampilkan isi (video / audio data) melalui Internet. Kamera IP biasanya terhubung ke jaringan melalui router, dan memiliki sebuah IP (Internet Protocol) address setelah operasi sambungan.

SPEECH RECOGNITION

Speech Recognition adalah proses konversi sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh microphone atau telepon,untuk merangkai kata-kata. Kata - kata yang dikenali bisa jadi sebagai hasil akhir, untuk sebuah aplikasi seperti command dan control, penginputan data, dan persiapan dokumen. Speech recognizer yang pertama keluar di tahun 1952. Salah satu perangkat speech recognizer adalah IBM Shoebox, yang dikeluarkan pada 1963 melalui New York World's Fair. Contoh dari penggunaan Speech Recognition ini yaitu aplikasi Siri pada iPhone dan S Voice pada Samsung Galaxy atau device keluaran Samsung lainnya.

The future of speech recognition


SPEECH SYNTHESIS

Speech synthesis adalah transformasi dari teks ke arah suara. Transformasi ini mengkonversi teks ke pemadu suara (speech synthesis) yang sebisa mungkin dibuat menyerupai suara nyata, disesuaikan dengan aturan – aturan pengucapan bahasa. TTS (text to speech) dimaksudkan untuk membaca teks elektronik dalam bentuk buku, dan juga untuk menyuarakan teks dengan menggunakan pemaduan suara. Sistem ini dapat digunakan sebagai sistem komunikasi, pada sistem informasi referal, dapat diterapkan untuk membantu orang-orang yang kehilangan kemampuan melihat dan membaca.
Sampai saat ini, ada banyak teknologi untuk menerapkan terknologi ini. Contoh dua teknologi yang paling banyak digunakan adalah concatenative synthesis dan formant synthesis. Kebanyakan aplikasi berbasis teknologi ini menghasilkan suara buatan (tidak alami) seperti suara robot. Melihat keterbatasan kedua teknologi ini dalam menghasilkan suara buatan, seperti kita harus sabar menunggu pengembangannya lebih lanjut dalam beberapa tahun atau dekade ke depan.




Sumber Bacaan :


Sumber Video :
https://www.youtube.com/watch?v=qXscP1dV41c (The future of speech recognition)

Erita

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: